Kompetensi Guru di SMP Negeri 3 Satu Atap Tilamuta di Tingkatkan
Workshop Pembuatan Perangkat Pembelajaran dan Bahan Ajar

By Eko Khoerul 20 Mar 2022, 13:43:18 WIB Kegiatan Sekolah
Kompetensi Guru di SMP Negeri 3 Satu Atap Tilamuta di Tingkatkan

Gambar : Acara pembukaan, dihadiri Kepala SMPN 3 Satu Atap Tilamuta, Bpk. Eko Khoerul Nurnamawi, S.Pd, M.Pd dan Pengawas pembina Bpk Drs. Arham Antuntu, M.Pd


Mutu pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh kompetensi yang dimiliki oleh guru. Guru sebagai ujung tombak pendidikan harus memiliki kompetensi yang memadai. Pada saat ini, guru tidak hanya dituntut untuk menguasai keilmuannya secara profesional, namun juga harus menguasai teknologi informasi. Kecakapan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi akan membantu guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran guru di kelas. Guru juga harus memiliki kesiapan yang matang sebelum melakukan pembelajaran di kelas. Kesiapan tersebut salah satunya ditunjukkan oleh adanya perencanaan yang dijabarkan dalam perangkat pembelajaran. Selain itu, guru juga harus mampu untuk memanfaatkan berbagai macam referensi sebagai sumber belajar. Adanya sumber belajar yang bervariasi maka akan merangsang pemikiran siswa untuk lebih berkembang.

 

Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka pada bulan September 2021 dilaksanakan program peningkatan mutu guru melalui Workshop Peningkatan Mutu Guru dalam Penyusunan Perangkat pembelajaran pada Masa Pandemi, Pembuatan Bahan Ajar dan Video Pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk: 

  1. Memberikan pengetahuan kepada guru tentang penyusunan perangkat pembelajaran adaptasi pandemi Covid-19 secara baik dan benar.
  2. Melatih dan membimbing guru untuk membuat bahan ajar pembelajaran.
  3. Melatih dan membimbing guru untuk membuat video pembelajaran khususnya menggunakan aplikasi kinemaster.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini antara lain sebagai berikut:

  1. Tersusunnya perangkat pembelajaran pada pandemi Covid-19 secara baik dan benar dan sistematis.
  2. Tersusunnya bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif sumber belajar.
  3. Guru dapat membuat video pembelajaran di mana saja menggunakan HP sebagai media yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran.
  4. Mutu pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru semakin meningkat

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment