Home Visit Siswa Belajar di Rumah Saat Kehawatiran COVID 19
Home Visit

By Eko Khoerul 10 Apr 2020, 20:15:44 WIB Kegiatan Sekolah
Home Visit Siswa Belajar di Rumah Saat Kehawatiran COVID 19

Gambar : Guru (Dahlan Latif, S.Pd.Gr) sedang mengunjungi siswa di rumah


Guru adalah pembangun insan cendekia. Kalimat ini benar-benar tergambar dari sosok Bapak Dahlan Latif, S.Pd.,Gr. selaku guru yang bertugas di SMP Negeri 3 Satu Atap Tilamuta. Ditengah kekhawatiran seluruh Indonesia karena kehadiran virus COVID 19, beliau tetap semangat melaksnakan tugasnya sebagai guru. Dengan ikhtiar menggunakan masker beliau mendatangi rumah-rumah siswa (Home Visit) untuk memberi mereka pembelajaran. Saat ini seluruh siswa se-Indonesia diliburkan  termasuk sekolah-sekolah di Kabupaten Boalemo. Jadi pembelajaran dialihkan ke rumah masing-masing.

Idealnya pembelajran yang diharapkan oleh pak menteri pendidikan yaitu menggunakan pembelajaran daring atau dalam jaringan yang kita kenal dengan istilah belajar online. Namun keterbatasan fasilitas seperti hp dan jaringan seluler yang dimiliki siswa, membuat beliau harus mengambil langkah mengunjungi rumah-rumah siswa. Meski melewati medan yang lumayan sulit, itu tidak membuat semangatnya surut. Beliau tetap ikhlas melaksanakan kewajiban ini. Hal itu tidak diragukan lagi, karena beliau adalah Guru Garis Depan (GGD) yang memang sedari awal sudah dibekali kemampuan dan semangat menjadi guru garda terdepan.

Pada saat Home Visit, pak Dahlan tidak sungkan-sungkan memeriksa buku pelajaran milik murid di hadapan orang tuanya, untuk memastikan murid benar-benar telah mengerjakan tugas yang diberikan. Menurut Dahlan, pemeriksaan sengaja dilakukan di depan orang tua murid, dengan maksud agar orang tua ikut mengawasi kegiatan belajar anak di rumah. Dengan Home Visit, saya bisa memonitor aktifitas murid selama libur, sekaligus mengecek tugas-tugas yang diberikan guru, ujar dahlan. Kepada para orang tua murid, dahlan meminta orang tua untuk ikut mengawasi anaknya agar tidak bermain ke luar rumah dan tidak mengajak anaknya bepergian selama 14 hari libur sekolah. Ini dimaksudkan untuk menangkal penyebaran covid 19. Secara bergilir, saya datangi satu persatu siswa ke rumahnya. Tujuanya untuk memastikan siswa mengerjakan tugas dari guru, dan tidak bermain selama masa diliburkannya sekolah karena ada virus corona,” kata Dahlan.

Dahlan juga meminta kepada setiap murid yang didatangi agar mewaspadai dan ikut mencegah penyebaran covid 19. Dahlan menekankan kepada para muridnya agar menghindari bepergian ke tempat-tempat yang ramai pengunjung. Menggunakan masker saat beraktifitas di tempat umum. Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun, tidak menyentuh mata, mulut dan hidung sebelum mencuci tangan dengan air dan sabun, hindari kontak dengan hewan liar, memasak daging sampai matang serta hindari berdekatan dengan orang yang sakit demam batuk dan pilek. Saya selalu tekankan kepada siswa dan keluarganya agar ikut membantu menangkal penyebaran covid-19 ini, salah satunya hindari tempat-tempat yang ramai dan rajin mencuci tangan dengan sabun,” katanya.

Semoga apa yang beliau lakukan untuk mencerdaskan anak bangsa bernilai pahala dihadapan Allah SWT. Aamiin

Kontributor naskah: Dahlan Latif, S.Pd.,Gr. Guru IPA SMPN 3 SATAP TILAMUTA.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

  1. eko 19 Apr 2020, 17:39:13 WIB

    Guru bertanggungjawab... mantapkan langkah untuk generasi masa depan. Tetap semangat dan sehat pak guru.......... . ...........

View all comments

Write a comment